Rabu, 20 Juni 2012

Kalori

Apa itu Kalori ?

Kalori adalah satuan energi. Kita cenderung mengasosiasikan kalori dengan makanan, tetapi mereka berlaku untuk apa pun yang mengandung energi. Misalnya, satu galon (sekitar 4 liter) bensin mengandung sekitar 31.000.000 kalori. 

Secara khusus, kalori adalah jumlah energi atau panas, yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 gram air 1 derajat Celsius (1,8 derajat Fahrenheit). Satu kalori sama dengan 4,184 joule, satuan energi yang digunakan umum dalam ilmu fisika.

Kebanyakan dari kita berpikir kalori dalam kaitannya dengan makanan, seperti dalam "Hal ini dapat soda memiliki 200 kalori." Ternyata bahwa kalori pada paket makanan sebenarnya kilokalori (1.000 kalori = 1 kilokalori). Kata ini kadang-kadang dikapitalisasi untuk menunjukkan perbedaan, tetapi biasanya tidak. Sebuah kalori makanan mengandung 4.184 joule. Dapat soda mengandung 200 kalori makanan mengandung 200.000 kalori biasa, atau 200 kilokalori. Sebuah galon bensin mengandung 31.000 kilokalori.

Hal yang sama berlaku untuk berolahraga - ketika grafik kebugaran mengatakan bahwa Anda membakar sekitar 100 kalori untuk setiap mil Anda lari, itu berarti 100 kilokalori. Untuk durasi artikel ini, ketika kita mengatakan "kalori," berarti kita "kilokalori."

Apa yg Kalori Lakukan ?
Manusia membutuhkan energi untuk bertahan hidup - untuk bernapas, bergerak, memompa darah - dan mereka memperoleh energi dari makanan ini.

Jumlah kalori dalam makanan adalah ukuran seberapa banyak energi potensial yang memiliki makanan. 1 gr karbohidrat memiliki 4 kalori1 gr protein memiliki 4 kalori, dan 1 gr lemak memiliki 9 kalori. Makanan adalah kompilasi dari tiga blok bangunan. Jadi jika Anda tahu berapa banyak karbohidrat, lemak dan protein dalam setiap makanan yang diberikan, Anda tahu berapa banyak kalori, atau berapa banyak energi, yang berisi makanan.

Jika kita melihat label gizi di bagian belakang sebuah paket dari maple-dan-coklat-gula oatmeal, kita menemukan bahwa ia memiliki 160 kalori. Ini berarti bahwa jika kita tuangkan oatmeal ini ke dalam piring, mengatur oatmeal terbakar dan mendapatkannya untuk terbakar sempurna (yang sebenarnya cukup rumit), reaksi akan menghasilkan 160 kilokalori (ingat: kalori makanan adalah kilokalori) - cukup energi untuk meningkatkan suhu 160 kilogram air 1 derajat Celcius.

Jika kita melihat lebih dekat pada label nutrisi, kita melihat bahwa oatmeal kami memiliki 2 gram lemak, 4 gram protein dan 32 gram karbohidrat, menghasilkan total 162 kalori (ternyata, produsen makanan ingin bulatkan ke bawah). Dari jumlah tersebut 162 kalori, 18 berasal dari lemak (9 kal x 2 g), 16 berasal dari protein (4 kal x 4 g) dan 128 berasal dari karbohidrat (4 kal x 32 g). 

Tubuh kita "membakar" kalori dalam oatmeal melalui proses metabolisme, oleh enzim yang memecah karbohidrat menjadi glukosa dan gula lain, lemak menjadi gliserol dan asam lemak dan protein menjadi asam amino.

Molekul-molekul ini kemudian diangkut melalui aliran darah ke sel, di mana mereka baik diserap untuk segera digunakan atau dikirim ke tahap akhir dari metabolisme di mana mereka bereaksi dengan oksigen untuk melepaskan energi mereka yang tersimpan. 

Kalori Kebutuhan Anda 
Hanya berapa banyak kalori yang sel-sel kita perlu untuk berfungsi dengan baik ? Jumlah ini berbeda untuk setiap orang. Anda mungkin melihat pada label nutrisi dari makanan yang Anda beli bahwa "nilai-nilai persen harian" didasarkan pada diet 2.000 kalori. 

2.000 kalori adalah rata-rata kasar dari apa yang dibutuhkan seseorang untuk makan dalam sehari, tapi tubuh Anda mungkin membutuhkan lebih atau kurang dari 2.000 kalori. Tinggi, berat, jenis kelamin, usia dan tingkat aktivitas semua mempengaruhi kebutuhan kalori Anda.

Kalori, Lemak dan Latihan
Jadi apa yang terjadi jika Anda mengambil lebih banyak kalori atau kurang dari luka bakar tubuh Anda? Anda juga mendapatkan atau kehilangan lemak, masing-masing. Merupakan akumulasi dari 3.500 kalori ekstra disimpan oleh tubuh Anda sebagai 1 pon lemak - lemak adalah cara tubuh penghematan energi untuk hari hujan. Jika, di sisi lain, Anda membakar 3.500 kalori lebih dari yang Anda makan, baik dengan lebih banyak berolahraga atau makan kurang, tubuh Anda mengkonversi 1 pon lemak yang disimpan menjadi energi untuk menebus defisit. 

Satu hal tentang latihan adalah bahwa hal itu meningkatkan tingkat metabolisme Anda tidak hanya saat Anda sedang terengah-engah di atas treadmill. Metabolisme Anda perlu waktu untuk kembali ke kecepatan normal. Hal ini terus berfungsi pada tingkat yang lebih tinggi; tubuh Anda membakar peningkatan jumlah kalori selama sekitar dua jam setelah Anda berhenti berolahraga. 

Banyak orang bertanya-tanya apakah itu penting mana kalori mereka berasal. Pada dasarnya, jika kita makan persis jumlah kalori yang kita bakar dan jika kita hanya membicarakan tentang berat badan, jawabannya tidak - kalori adalah kalori. 

Sebuah kalori protein tidak berbeda dari kalori lemak - mereka hanya unit energi. Selama Anda membakar apa yang Anda makan, Anda akan menjaga berat badan Anda, dan selama Anda membakar lebih banyak dari yang Anda makan, Anda akan kehilangan berat badan.

Tetapi jika kita berbicara nutrisi, pasti penting mana kalori berasal. Karbohidrat dan protein merupakan sumber kalori yang sehat daripada lemak. Meskipun tubuh kita membutuhkan sejumlah lemak berfungsi dengan baik - pasokan yang cukup dari lemak memungkinkan tubuh Anda untuk menyerap vitamin yang Anda menelan - kelebihan lemak dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang serius.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar